Ads Top

Cincin Kawin Emas

Radja Nainggolan Tak Masuk Timnas Belgia, dari Konflik hingga Pensiun


Gelandang AS Roma, Radja Nainggolan, tampak frustrasi saat tampil dalam pertandingan kedua babak play off Liga Champions melawan Porto di Olympic Stadium pada 23 Agustus 2016. Pada pertandingan tersebut, Roma kalah 0-3 dan gagal lolos ke fase grup Liga Champions.


KOMPAS.com — Gelandang AS Roma, Radja Nainggolan, tak masuk dalam skuad timnas Belgia untuk gelaran Piala Dunia 2018. Timnas Belgia resmi merilis daftar 23 pemain untuk berlaga pada Piala Dunia 2018, Senin (21/5/2018). Nama Radja Nainggolan tak masuk dalam daftar tersebut. Artinya, pemain berdarah Indonesia itu tak masuk susunan pemain utama yang dipertimbangkan Pelatih Belgia Roberto Martinez. Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa Indikasi pencoretan Nainggolan dari skuad Belgia sudah tercium sejak Agustus lalu. Kala itu, Nainggolan terang-terangan mengkritik Martinez di depan awak media. Eks pemain Piacenza itu menuturkan perlakuan tak adil yang dilakukan oleh Martinez kepada dia saat Kualifikasi Piala Dunia 2018. "Dia menghubungi saya pukul 11.00 (satu jam sebelum pengumuman skuad). Dia mengira saya tak akan fokus membela Belgia pada Piala Dunia 2018. Saya ingin meledak kala mendengar itu," tutur Nainggolan dilansir BolaSport.com dari Goal. Nainggolan dan Martinez bersitegang saat fase Kualifikasi Piala Dunia 2018. Sang juru taktik menilai pemainnya tak disiplin. "Saya pemain yang selalu memberikan 120 persen dari kemampuan terbaik saya. Saya memang terkadang merokok, itu benar. Saya dicoret karena saya merokok, tetapi saya bukan satu-satunya," kata Nainggolan. "Dia juga mengatakan saya sering terlambat ke sesi latihan, tetapi lagi-lagi saya bukan satu-satunya," ujarnya. Baca juga: Radja Nainggolan: Saya Pantas Bela Timnas Belgia Nainggolan pun akhirnya dicoret dari skuad Belgia di Kualifikasi Piala Dunia 2018. Hubungan Nainggolan dan Martinez pun memanas semenjak itu. "Saya berada di restoran yang sama dengan Martinez, di Ibiza. Dia tidak mengucapkan salam ataupun berpamitan. Saya juga tidak. Bagaimana bisa bekerja bersama jika seperti itu?" tutur pemain 30 tahun itu. Pemain berdarah Batak itu pun sempat mengutarakan keinginannya untuk pensiun kala itu. "Saya ingin pensiun dari timnas rasanya. Ini tak masuk akal. Dia memanggil Youri Tielemans yang banyak duduk di bangku cadangan dan jarang bermain," ucap pemain dengan rambut mohawk itu. Namun, keputusan pensiun itu baru benar-benar ia ambil setelah dia tak dipanggil ke Piala Dunia 2018. Ini merupakan Piala Dunia kedua yang dia lewatkan setelah pada 2014 hanya masuk daftar tunggu. Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Nainggolan menyampaikan gantung sepatu dari timnas Belgia. Baca juga: Tak Masuk Skuad Piala Dunia, Nainggolan Pensiun dari Timnas Belgia

"Dengan rasa sakit di hati, saya memutuskan untuk mengakhiri karier internasional. Saya melakukan segalanya untuk bisa berada di sana (Piala Dunia 2018) dan mewakili negara saya. Namun, menjadi diri sendiri bisa sangat merepotkan," tulis Nainggolan. Di lain pihak, Martinez menyebutkan alasan tak memanggil Nainggolan adalah karena pertimbangan taktik. "Radja adalah pemain dengan kualitas yang bagus dan terpilih menjadi pemain terbaik AS Roma. Namun, saya mengambil keputusan ini murni karena pertimbangan strategi," tutur eks Manajer Everton itu. (Taufan Bara)

Hasil gambar untuk cincin kawin emas
Cincin Kawin Emas Cincin Kawin Emas Reviewed by bikin perhiasan on 02.17 Rating: 5

INFORMASI

Kelebihan Bikin Perhiasan

  • MUDAH
  • CEPAT
  • AMAN, dan
  • TERPERCAYA